Kandungan Dalam Paprika Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kandungandalam Paprika yang Bermanfaat bagi Kesehatan - Tanaman paprika atau sayuran paprika termasuk ke dalam golongan terung-terungan seperti kentang, terung ungu, dan tomat. Tanaman ini berasal dari negara Adi daya, yaitu Amerika tepatnya di bagian Amerika selatan. Ada beberapa warna paprika seperti hijau dan ungu yang rasanya sedikit pahit. Adapun paprika (merah, oranye, dan kuning) rasanya manis dan hampir seperti buah.



Di negara maju seperti Amerika. sayuran atau tanaman ini sangat digemari oleh penduduknya. Alasan mereka gemar mengkonsumsi atau sebagai campuran untuk membuat makanan adalah rasanya yang unik yaitu pedas dan juga kandungan serta Manfaat Paprika untuk kesehatan (salah satunya paprika mengandung vitamin C).

Paprika menyediakan sejumlah nutrisi termasuk vitamin (C, B6, thiamin, dan K), beta karoten, dan asam folat. Paprika juga mengandung zat aktif yang berkhasiat antioksidan (di antaranya Chlorogenic acid, Coumeric Acid, Cryptoxanthin, dan Zeaxanthin), capsaicin, homodihydrocapsaicin, solanin, dan solanidin.

Paprika merah mempunyai nilai nutrisi yang lebih tinggi dari paprika hijau dan paprika merah mengandung likopen dan lutein. Likopen dalam paprika merah adalah karoten yang memproteksi terhadap timbulnya kanker, penyakit jantung, dan mencegah pengeriputan kulit.

Capsaicin telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk digunakan sebagai pereda nyeri topikal (Topical Analgesic). Sedangkan, lutein tergolong karotenoid. Di dalam lutein terdapat landrum yang merupakan salah satu karetonoid yang terdapat di dalam sel atau organ tubuh manusia (terutama di bagian mata). Lutein kebanyakan terdapat di retina mata. Menurut penelitian, bahwa lutein memiliki 2 fungsi penting, yaitu untuk melindungi sinar biru dan juga mencegah antioksidan.
Ternyata, selain nutrisi diatas paprika juga memiliki 5 nutrisi penting yang baik untuk kesehatan, yakni:

1. Karbohidrat : (6,00 gram)
2. Vitamin A : (875,00 IU)
3. Vitamin B1 : (0,07 mg)
4. Vitamin B2 : (0,08 mg)
5 . Kalsium : (12,00 mg)

Rahasia dalam Paprika
Tanaman paprika merah atau hijau memiliki fungsi untuk melindungi mata dari berbagai macam penyakit mata (seperti katarak, rabun jauh, dan rabun dekat). Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan macam-macam vitamin, betakaroten, dan zat aktif lain yang berguna sebagai antioksidan tubuh.

Kandungan Capsaicin, flavonoid, dan vitamin C dapat meningkatkan aliran darah, mencegah pembentukan trombus, mengurangi resiko serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer (PAD).

Paprika juga bermanfaat mengatasi kadar kolesterol yang tinggi,membantu memetabolisir alkhol, peluruh dahak (ekspektoran) untuk meringankan bronkitis dan emfisema, merangsang keluarnya endorphin, sehingga dapat meredakan nyeri otot dan menimbulkan perasaan sehat. Selain itu, paprika juga bermanfaat mencegah penyakit jantung koroner, nyeri iskemik sewaktu istirahat, mencegah keriput, nyeri otot, dan rematik.

Tips Mengolah Paprika
Gunakan sebuah tanaman paprika segar ukuran sedang (bisa dibuat jus, salad, atau di konsumsi mentah). Selain itu capsaicin salah satu kandungan yang ada di dalam paprika,sudah ada yang membuat krim untuk gangguan nyeri otot dan anda juga bisa memvariasikan paprika pada makanan agar lebih ”Cantik” dan ”Unik” dilihat. Selain cara diatas, paprika juga dapat sebagai campuran untuk membuat sup atau campuran salad dan juga bahan untuk pembuatan pizza.
Harus diperhatikan!


· Pada sebagian orang, setelah mengkonsumsi paprika, timbul gejala nyeri pada persendian (arhritis), bila timbul kejadian ini, batasi atau hindari mengkonsumsi paprika.

· Paprika mengandung sejumlah oksalat, hindari mengonsumsinya bila memiliki gangguan batu oksalat pada ginjal.

Demikianlah tadi ulasan kita mengenai kandungan serta Manfaat Paprika yang baik untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita akan manfaat sayuran yang satu ini.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kandungan Dalam Paprika Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan"

Posting Komentar