Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan

Cara Menjaga KebersihanLingkungan - Manusia merupakan makhluk yang tidak bisa terpisahkan dari lingkungan karena manusia tentunya akan membutuhkan lingkungan untuk bisa tetap hidup, karena hal inilah maka kita sebagai seorang manusia dituntut untuk bisa menjaga kebersihan lingkungan sehingga lingkungan akan selalu terjaga dengan baik. Kebersihan lingkungan sendiri merupakan suatu kegiatan untuk menjadikan suatu lingkungan menjadi bersih, asri, nyaman, dan juga indah sehingga akan sedap untuk dilihat oleh mata.

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan


Kebersihan lingkungan tentunya tidak hanya bisa diterapkan pada satu tempat saja, namun semua tempat seperti misalnya lingkungan rumah, lingkungan sekolah, lingkungan kantor, dan lingkungan lainnya. Setiap orang hendaknya selalu menjaga kebersihan lingkungannya masing - masing karena akan membawa manfaat untuk orang itu sendiri, jika Anda tidak menjaga kebersihan lingkungan maka tentu saja lingkungan akan menjadi kotor dan juga tidak sehat, di bawah ini akan kami ulas beberapa cara untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan


1. Membuang Sampah Pada Tempatnya
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya, meskipun sangat sepele namun banyak sekali orang yang tidak melakukan hal ini. Apabila Anda memiliki sampah bungkus permen atau botol plastik namun tidak menemukan tempat sampah untuk membuangnya maka Anda bisa menyimpannya hingga Anda menemukan tempat sampah.

2. Penghijauan
Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan melakukan penghijauan, Anda bisa melakukannya dengan menanam pohon atau tumbuhan lainnya sebanyak - banyaknya di lingkungan sekitar Anda karena dengan menanam pohon maka udara akan menjadi lebih bersih dan juga segar, selain itu dengan adanya pohon maka kualitas air juga akan ikut terjaga.

3. Menjaga Kebersihan Rumah
Cara ketiga yang juga bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan yakni dengan menjaga kebersihan rumah karena rumah merupakan tempat hunian bagi Anda dan anggota keluarga lainnya, Anda bisa membersihkan rumah secara rutin sehingga kotoran tidak menumpuk, selain itu Anda juga perlu rutin membersihkan dan menguras bak penampungan sehingga tidak dihuni oleh jentik nyamuk.

4. Kerja bakti
Kerja bakti menjadi cara keempat yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, Anda bisa mengajak tetangga di sekitar rumah Anda untuk membersihkan lingkungan di kompleks rumah. Anda juga bisa mengajak para warga untuk membuat jadwal kerja bakti secara rutin pada hari minggu atau hari libur lainnya sehingga nantinya lingkungan di sekitar rumah Anda terjaga kebersihannya.

5. Mengolah Sampah
Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan mengolah sampah, sampah sendiri sangatlah mengganggu kebersihan apalagi jika dibiarkan begitu saja dan menjadi menumpuk sehingga akan menjadi sarang bagi kuman dan penyakit, untuk mengatasinya maka Anda bisa mengolah sampah organik menjadi kompos dan sampah anorganik untuk didaur ulang.

Kebersihan lingkungan sangatlah penting untuk dijaga karena sangat berkaitan dengan kesehatan masyarakat yang mana Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara di atas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan"

Posting Komentar